Sail Tidore 2021 Siap Diselenggarakan

Parade juanga pelayaran kapal-kapal mengelilingi Pulau Tidore (foto: Istimewah)

TIDORE - Guna untuk mematangkan persiapan Sail Tidore 2021, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya adalah rapat koordinasi tindaklanjut persiapan penyelenggaraan Sail Tidore 2021 yang dilakukan dengan virtual atau zoom meeting. Rakor yang digagas oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengembangan Eksport Nasional Kemeneterian Perdagangan Republik Indonesia.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Asis Hadad, menjelaskan bahwa dalam rapat koordinasi secara virtual tersebut diikuti Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang dipimpin oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama jajarannya, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir, dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, diikuti oleh Kasan.

Dalam rapat itu diungkapkan oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional sekaligus sebagai penginisiasi rapat mengatakan bahwa untuk menyongsong suksesnya Sail Tidore 2021 yang sudah ada di depan mata maka," Panitia pusat dan panitia lokal di daerah yang sudah terbentu, harus intens melakukan koordinasi, agar tercipta komunikasi yang baik," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional via zoom meting, Kamis (11/2/2021).

Sedangkan Sekertaris Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi apabila Sail Tidore 2021 tetap dilaksanakan, persiapan di daerah terutama di Provinsi Maluku Utara sudah sangat signifikant untuk mernyambut Sail Tidore 2021.

“ Kami, selaku panitia daerah di Provinsi Maluku Utara siap melaksanakan Sail Tidore 2021 walaupun di tengah pandemi Covid-19, namun dengan pertimbangan penerapan protokol kesehatan yang ketat” kata Samsuddin.

Sejalan dengan hal tersebut, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim di tengah -tengah rapat juga mengatakan bahwa kesiapan panitia lokal di daerah sudah sangat maksimal hanya saja tetap membutuhkan koordinasi yang berkelanjutan dari Panitia Pusat maupun panitia lokal.

“ Bila perlu diagendakan sebuah pertemuan nasional yang bisa membahas secara detil tentang kesiapan masing-masing panitia, baik panitia lokal maupun panitia pusat," kata Ali Ibrahim via zoom meting.

Hadir dalam rapat Koordinasi virtual ini adalah, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Kasan, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo. R.M Manuhutu, Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama jajarannya dan Sekretaris Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir.

Penulis: Daffa
Editor: Red

Baca Juga