Bersumber dari DAK, Proyek Saluran Air di Tidore Dikerjakan Secara Swakelola oleh Dinas PU Malut

Proyek saluran air yang dikerjakan oleh Dinas PU Pemprov Maluku Utara

TIDORE - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Utara diam-diam mengerjakan proyek saluran air (drainase) sepanjang 4 ribu meter di Kota Tidore Kepulauan tanpa ada papan proyek. Proyek saluran air tersebut dikerjakan di Kecamatan Tidore Utara dan Tidore Timur.

Proyek tersebut diketahui bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), yang dikerjakan pada akhir Januari 2021 lalu hingga kini. Serta melibatkan pegawai Dinas PU Provinsi Maluku Utara sebagai pengawas proyek dan koordinator lapangan.

Salah satu pengawas proyek yang enggan disebutkan namanya saat ditemui dilokasi pekerjaan, Dia mengatakan bahwa proyek saluran air tersebut dikerjakan secara swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Utara.

" Kenapa proyek ini tidak ada papan nama, karena dikerjakan secara swakelola oleh Dinas PU Provinsi Maluku Utara, dan saluran ini sepanjang 4 ribu meter," kata pengawas proyek yang juga merupakan pegawai Dinas PU Provinsi Maluku Utara, Rabu (10/2/2021).

Anak buah Santrani Abusama ini mengaku, pekerjaan saluran air sepanjang 4 ribu meter ini dikerjakan dibeberapa titik secara terputus dan sesuai dengan permintaan masyarakat setempat pada genangan air yang tidak mengalir.

Bahkan Dia, juga mengaku bahwa pekerjaan tersebut melibatkan sejumlah pegawai dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Utara," Mulai dari koordinator lapangan sampai dengan pengawasan semuanya pegawai dari Dinas PU, hanya orang kerja saja yang dari masyarakat disini" ungkap Dia.

Ditanya terkait dengan, besaran anggaran pekerjaan saluran air yang bersumber dari DAK tersebut, dirinya mengaku tidak mengetahui jumlahnya secara keseluruhan.

" Kalau soal pagu dari proyek ini saya tidak tahu, yang jelas proyek ini bersumber dari DAK yang dikerjakan secara swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum," tutupnya.

Penulis: Daffa
Editor: Red

Baca Juga