DPMD Siap Gandeng Dinas Pariwisata Kembangkan Wisata di Desa

Iswan Salim Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

TIDORE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Kepulauan mengaku siap bersinergi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisaa Kota Tidore Kepulauan (Disbudpar) untuk mengembangkan potensi Desa di Bidang Pariwisata.

Menurut Kabid PMD Iswan Salim kepada sejumlah awak media, mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini, DPMD Kota Tidore Kepulauan juga telah mendorong Desa-Desa untuk mengembangkan potensi wisata di masing-masing Desa.

Dan saat ini sudah ada 4 Desa yang ditetapkan sebagai Desa Wisata, diantaranya Desa Maitara, Maitara Utara, Maitara Tengah dan Maitara Selatan. " Untuk mengembangkan Desa Wisata ini, Pemerintah Desa juga bisa menggunakan dana yang bersumber dari ADD maupun DD," ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Olehnya itu, perlu dilakukan sinergitas dalam pengelolaannya sehingga potensi-potensi Wisata di masing-masing Desa dapat dimaksimalkan untuk dinikmati oleh Masyarakat, beserta bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kota Tidore Kepulauan maupun untuk Pemerintah Desa.

" Misalnya seperti wisata Maitara itu kami berharap, jika dinas Pariwisata sudah mengelola sarana-prasarana berupa cottage, maka pemerintah desa bisa kelola pada soal tempat parkir maupun pintu masuk, sehingga dengan bagitu masyarakat yang tinggal di Desa juga bisa dipekerjakan disitu," jelasnya.

Iswan menambahkan, hampir rata-rata di tahun 2021 ini, semua Desa telah meiliki master plan untuk pengembagan wisata, sehingga diharapkan apabila ada pembagunan yang tidak mampu dibiayai oleh Pemerintah Desa maka Pemerintah Kota melalui Disbudpar bisa hadir untuk menjawab persoalan tersebut.

"Jadi kalau pembagunannya Yang berskala kecil dan dibawah 200 juta itu mungkin masih bisa ditangani oleh Desa, sementara yang diatas nilai 200 juta itu sudah harus dihandel oleh Dinas Pariwisata," tandasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Redaksi

Baca Juga