26 Desa di Tidore Bakal Lakukan Pilkades

Iswan Salim Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

TIDORE - Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) berencana akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 26 Desa yang berada di Kota Tidore pada bulan Juni 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Iswan Salim saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya. Dia megatakan untuk jadwal pelaksanaan Pilkades hingga saat ini telah disediakan oleh DPMD, Rabu (27/1/2021).

Untuk itu menyambut pelaksanaan Pilkades, tahapan persiapannya sudah akan dimulai pada tanggal 23 April 2021. Dimana pada tanggal tersebut nantinya akan dibentuk Panitia Pelaksanaan Pilkades yang akan dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Dalam waktu dekat ini juga kami akan menyurat ke BPD untuk persiapan pembentukan Panitia Pilkades, setelah itu akan dilakukan Bimbingan Teknis untuk Panitia," ungkapnya.

Iswan merincikan bahwa dalam Pilkades nanti ada beberapa tahapan yang harus dilalui, diantaranya tahapan Persiapan, Pemutakhiran Data Pemilih, tahapan Pencalonan, tahapan Kampanye, Massa tenang dan tahapan Pemilihan.

" Untuk proses pemilihannya kami rencanakan di tanggal 26 Juni 2021," jelasnya.

Kendati demikian Iswan menambahkan bahwa jadwal yang telah direncanakan oleh DPMD Kota Tidore Kepulauan ini natinya akan dikonsultasikan kepada Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan untuk mendapatkan persetujuan. Sehingga jadwal yang telah dirancang oleh DPMD ini masih bersifat rencana.

Iswan lantas merincikan 26 Desa yang nantinya akan melakukan proses Pilkades pada bulan juni 2021 mendatang, diantaranya untuk Kecamatan Oba Utara terdapat Desa Kaiyasa, Somahode, Balbar, Bukit Durian, Galala, Ampera, Kusu dan Desa Garojou. Untuk Kecamatan Oba Tengah terdiri dari Desa Aketobololo, Aketobatu, Akedotilou, Akeguraci, Akesai, Togeme, dan Desa Tadupi.

Sementara di Kecamatan Oba terdiri dari Desa Bale, Koli, Kosa dan Tului. Untuk Kecamatan Oba Selatan diantaranya Desa Hager, Wama, Tagalaya dan Desa Nuku. Di Kecamatan Tidore Utara terdapat Desa Maitara Selatan, dan untuk Kecamatan Tidore Selatan terdiri dari Desa Mare Gam dan Mare Kofo.

"Jadi pada tanggal 29 Mei 2021, Kepala-Kepala Desa di 26 Desa ini masa jabatannya akan berakhir. Untuk mengisi kekosongan jabatan itu, nantinya akan diangkat Pjs oleh pihak Kecamatan dimana Desa itu berada, dan Pjs ini juga akan diisi oleh ASN (staf) di tingkat Kecamatan, mereka nantinya akan bertugas selama dua bulan, sampai proses Pilkades selesai," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Redaksi

Baca Juga