Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Ini Imbauan Ketua FKUB Halteng

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Halmahera Tengah

WEDA - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Kristiani untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersamaan dan persatuan antar anak bangsa serta kerukunan antar umat beragama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua FKUB Kabupaten Halmahera Tengah, Rusli BM Dji Husin melalui rilisnya yang diterima jarita.id, Kamis (24/12/2020).

“Di momentum perayaan Natal dan perayaan Tahun Baru ini, saya mengimbau bagi teman-teman umat Kristiani pada pelaksanaan Ibadah Natal tetap mematuhi protokol kesehatan. Juga menjelang tahun baru agar ukhuwah insania (persaudaraan sesama umat) dan ukhuwah wathaniah (persaudaraan sesama anak bangsa) terus dijaga," kata Rusli dalam rilisnya.

Dikatakan juga, khusus untuk hari raya Natal pelaksanaan Ibadah bagi saudara-saudara umat Kristiani akan berlangsung dengan aman, damai, dan lancar tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

“Melihat juga pelaksanaan ibadah Natal bagi saudara-saudara umat Kristiani di Halmahera Tengah, dari tahun ke tahun selalu berlangsung dengan aman dan lancar. Karena kebersamaan dan persatuan sudah tertanam sejak dahulu. Selain itu kita memiliki Falsafah Fagogoru yaitu ngaku rasai, Budi rebahasa sopan rehormat. Namun juga pengawasan baik itu oleh pihak internal dan eksternal perlu juga untuk dilakukan," ujarnya.

Lebih lanjut, tamba kandidat Magister di IAIN Ternate ini, bahwa dalam hal menjaga kebersamaan dan persatuan umat, FKUB telah melakukan komunikasi-komunikasi dengan pihak terkait untuk mengawal kebersamaan dan persatuan umat, serta kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Halmahera Tengah.

“Komunikasi-komunikasi tetap terus kita jalankan, tidak hanya menjelang perayaan hari-hari besar umat beragama. Hal ini memang bertujuan untuk mengawal kebersamaan dan persatuan serta kerukunan yang sudah terbangun sejak dahulu dengan semboyang Fagogoru," tandasnya.

Penulis: Ran
Editor: Redaksi

Baca Juga