Hasil Pleno KPU Pasangan AMAN Menang

Abdullah Dahlan Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 2, yakni Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen yang akrab dikenal dengan jargon AMAN, akhirnya diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan sebagai pemenang pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan 2020-2025.

Hal tersebut disampaikan setelah dilakukannya Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Kota Tidore Kepulauan oleh Ketua KPU Kota Tidore  Abdullah Dahlan kepada sejumlah awak media, Selasa (15/12/2020).

Ia mengatakan, setelah 8 PPK yang menyampaikan hasil di masing-masing Kecamatan, pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Tidore Kepulauan dan penetapan hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Tidore 2020. Pasangan Nomor 1, Basri Salama - Guntur Alting (BAGUS) memperoleh suara sebanyak 16.251. Pasangan Nomor Urut 2, Capt. Ali Ibrahim - Muhammad Sinen (AMAN) sebanyak 29.320. dan untuk Pasangan Nomor 3, Salahudin Adrias - Muhammad Djabir Taha (SALAMAT) sebanyak 19.552.

"Suara tidak sah sebanyak 573, Suara Sah sebanyak 65.123 sehingga total partisipasi pemilih di Pilkada Tidore 2020 sebanyak 65.696," ujarnya.

Olehnya itu, dengan adanya hasil tersebut, Abdullah menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan agar dapat menerima keputusan yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Tidore. Pasalnya apa yang diputuskan oleh KPU merupakan hal yang sangat demokratis karena selama proses berjalan tidak ada komplen dari saksi Pasangan Calon tertentu mulai dari tingkatan paling bawah. Oleh karena itu ia menilai hasil tersebut sangat berkualitas. Sehingga kepada semua masyarakat Kota Tidore diharapkan dapat menerima hasil tersebut dengan lapang dada.

" Kami berharap kepada pendukung pasangan calon yang menang agar tidak melakukan konvoi, karena kami juga sudah menerima surat dari Kapolres Tidore untuk tidak melakukan konvoi. Dan bagi kami ini merupakan hal yang penting secara psikologi agar bagi yang kalah juga merasa dihargai dan menganggap hal ini sudah selesai sehingga bisa menerima hasil yang diputuskan dari KPU," jelasnya.

Sementara terkait dengan agenda Penetapan Pemenang bagi Pasangan Calon di Pilkada Tikep 2020, KPU Kota Tidore Kepulauan masih menunggu surat resmi yang nantinya akan dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

" Untuk agenda penetapannya kami masih menunggu surat yang akan dikeluarkan dari MK terkait daftar daerah Kabupaten/Kota yang tidak bersengketa, jadi setelah lima hari surat itu dikeluarkan maka dengan dasar itulah kami kemudian melakukan agenda penetapan," tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Tim Pemenang Pasangan AMAN Kota Tidore Kepulauan Wahyudi Wahid ikut angkat bicara, ia mengucapkan banyak terimakasih kepada Seluruh Masyarakat Kota Tidore terutama Tim Pemenang AMAN di Tingkat Kelurahan/Desa, Simpatisan dan para pendukung yang telah memberikan kepercayaan terhadap Pasangan AMAN untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua

"Mudah-mudahan perjalanan Pasangan AMAN lima tahun ke depan kita bisa melanjutkan dengan jargon Tidore Jang Foloi yang menjadi Visi Besar dari kedua pasangan tersebut. Semoga Tidore kedepannya semakin maju dan berkembang sehingga cita-cita besar untuk Membangun Masyarakat Sejahtera menuju Tidore Jang Foloi dapat terwujud," tandasnya.

Selain dari itu, Yudi juga mengungkapkan bahwa sejauh ini sudah ada komunikasi dari Pasangan Calon tertentu terhadap Pasangan AMAN untuk bersedia membangun Kota Tidore Kepulauan secara bersama.

"Kami punya harapan besar kepada semua masyarakat baik di Tim Pemenang BAGUS maupun SALAMAT agar mari kita bangun sama-sama Kota Tidore Kepulauan," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Redaksi

Baca Juga