Paslon SALAMAT Minim Gagasan

[ Muh. Siraz Tuny ]

TIDORE – Wakil koordinator juru bicara pasangan AMAN Jilid II yakni Muhd. Siraz Tuny kembali menyoroti gagasan pasangan Salahudin Adrias dan Muhammad Djabir Taha alias SALAMAT dalam berkampanye.

Dia menganggap Tim Pemenang SALAMAT saat melakukan kampanye tatap muka dengan masyarakat, sepertinya sudah mulai kehilangan arah dan gagasan untuk meyakinkan masyarakat memilih SALAMAT sebagai pemimpin di Kota Tidore Kepulauan, sehingga yang disampaikan terdengar sangat tidak berbobot, karena isinya penuh dengan nuansa provokatif, misalnya membangun politik identitas antara kewilayahan, beserta membangun politik sindiran tanpa dasar.

" Jika Tim Pemenang SALAMAT bilang kalau orang diwilayah oba semuanya menginginkan Goyoba menjadi pemimpin, lantas kenapa saat kampanye perdana Pasangan AMAN yang dimulai senin kemarin, dengan mengambil wilayah di Kecamatan Oba dan Oba Selatan, itu banyak sekali warga disana yang menyambut mereka dan menyatakan dukungan untuk memenangkan AMAN. Ini artinya SALAMAT sudah kehilangan akal untuk meyakinkan masyarakat, makanya disetiap kampanye wajar saja jika mereka harus marah-marah takkaruan,” pungkasnya.

Untuk itu, dengan melihat nuansa kebathinan para pendukung dari Tim Pemenang SALAMAT yang sudah semakin tidak terkontrol, membuat Siraz semakin optimis bahwa dimomentum Politik kali ini, Pasangan AMAN akan keluar sebagai pemenang, mesekipun mereka kerap disindir dan diserang secara pribadi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Pasalnya, pasangan AMAN telah memiliki kekuatan dan skema pemenangan yang jauh lebih terukur, selain itu AMAN juga memiliki Visi Misi yang dapat menjawab kebutuhan Masyarakat yang berada di Wilayah Oba, dimana dalam Misi ke 2 pasangan AMAN tentang Perekonomian dan Ivestasi, akan memprioritaskan Wilayah Oba sebagai pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru yang bersesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Tidore Kepulauan.

“Kedepan itu wilayah Oba akan menjadi Konsentrasi pasangan AMAN untuk meningkatkan sarana-prasarana penunjang ekonomi, seperti Pasar, terminal dan pelabuhan, bahkan pasangan AMAN juga akan mendorong usaha-usaha berskala besar untuk masuk di wilayah oba guna memperlancar arus perdagangan serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ungkapnya kepada media ini, Selasa, (6/10/2020).

Selain menjadikan daratan Oba sebagai Pusat pertumbuhan Ekonomi Baru, kata lelaki jebolan Magister Ilmu Perencanaan Wilayah Institut Pertanian Bogor itu, bahwa pasangan AMAN juga akan membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat melalui jalur formal maupun non formal, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat.

Dan yang dimaksudkan dengan membuka kesempatan kerja melalu jalur formal adalah mereka yang kategori seperti kontraktor maupun pengusaha lainnya (Pedagang) yang telah mendapatkan izin berupa SITU/SIUP dari pemerintah, akan diberdayakan dan dikembangkan.

Sementara jalur non formalnya adalah pengembangan UMKM, PKL dan pelaku Ekonomi kreatif yang dimiliki oleh anak-anak muda untuk membangun sebuah usaha, baik dibidang pertanian, perikanan maupun jenis usaha lainnya, akan diperhatikan secara baik.

" Dalam meningkatkan dan memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat ini, Pemerintahan AMAN Jilid II akan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memfasilitasi mereka dengan memberikan modal, menyalurkan bantuan serta melakukan pelatihan diberbagai jenis usaha,” tutur Siras yang juga merupakan Sekertaris GP. Ansor Kota Tikep ini.

Menariknya jika AMAN terpilih kembali sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan 2020-2025, mereka juga akan memprioritaskan aspek Sejarah dan kebudayaan yang menjadi karakteristik kota Tidore kepulauan, sebagaimana yang termuat dalam Misi Ke 1 AMAN Jilid II point 5. dengan mengembangkan kawasan warisan sejarah dan budaya, menegaskan Peran Kesultanan sebagai benteng peradaban, pengembangan nilai-nilai sejarah berbasis ivent-ivent kebudayaan, beserta pengembangan kampung budaya dan desa adat.

" Pasangan AMAN juga akan membangun Gedung kesenian beserta mempersiapkan sarana-prasarana lainnya untuk menunjang aktifitas dalam pelaksanaan iven-ivent kebudayaan maupun kesenian, yang menjadi mimpi besar anak-anak muda Tidore dalam berkarya,” tandasnya.

Olehnya itu, Siraz mengajak kepada masyarakat dan seluruh anak-anak muda tidore agar pada pemilihan 9 desember 2020 mendatang harus memilih pasangan AMAN untuk kembali memimpin Tidore. “Kenapa kami optimis semua ini bisa dilakukan pada periode ke dua dan bukan sekedar janji, karena beberapa program yang telah diuraikan itu telah dimasukan dalam Visi Misi AMAN Jilid II yang nantinya akan dirumuskan dalam RPJMD untuk diselenggarakan pada periode ke dua, Jadi kalau AMAN kembali hadir solusi, buat apa harus memilih yang lain,” tandasnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga