Tidore Dapat Penghargaan dari BPS

[ Penyerahan penghargaan dari BPS ]

TIDORE - Kota Tidore Kepulauan berhasil mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS)  Republik Indonesia atas prestasi sebagai Kota dengan capaian response rate yang melebihi target  dalam pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020, Senin (5/10/2020).

Piagam penghargaan diterima langsung oleh Pjs Walikota Tidore Kepulauan Ansar Daaly yang diserahkan oleh Kepala Statistik Kota Tidore Kepulauan, Dr. Salahudin, di halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Pjs Walikota Tidore Kepulauan Ansar Daaly menyampaikan terima kepada para pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa beserta seluruh masyarakat Kota Tidore atas kerjasama sehingga pelaksanaan SP Online berlangsung sesuai target bahkan melebihi target yang ditetapkan.

" Kepada seluruh ajaranya hingga tingkat bawah agar terus memberikan dukungan kepaad BPS dalam kegoatan sensus penduduk online 2020," pinta Ansar.

Kepala BPS Kota Tidore Kepulauan, Salahudin, mengatakan bahwa hasil Sensus Penduduk (SP) Online di Kota Tidore Kepulauan sampai waktu ditentukan mencapai jumlah yang direspon sebanyak 7.689 keluarga dengan jumlah penduduk 30.738 jiwa dimana secara presentase mencapai 193,28 persen jauh melebihi target yang diperkirakan oleh BPS.

Salahudin menjelaskan bahwa Sensus Penduduk ini dilakukan berdasarkan amanah Undang-undang dan dilaksanakan dalam dua tahap yakni SP secara online dimana penduduk mengupdate sendiri informasi data kependudukannya melalui website menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai dasar serta pendaftaran penduduk dilakukan oleh petugas Sensus yang berkoordinasi dengan pengurus satuan lingkungan setempat (SLS) untuk mendata penduduk yang belum melakukan SP online.

Salahudin menambahkan bahwa pelaksanaan SP Online maupun pendataan langsung oleh petugas sensus mendapat support dan bantuan secara penuh dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sehingga masyarakat termotivasi untuk dapat mengisi sendiriinformasi data kependudukan,"  Bantuan dari Pemerintah Daerah dalam bentuk himbauan maupun surat perintah langsung oleh Walikota kepada para ASN, Camat, Lurah dan Kepala desa sehingga petugas BPS yang melakukan pembinaan dan pengisian secara daring dalam SPOnline difasilitasi dan dipermudah untuk melakukan Sp Online tersebut," kata Salahudin.

Salahudin juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore atas support dan bantuan dari Pemerintah masih terus dilanjutkan terhadap petugas-petugas Sensus yang berkoordinasi dengan Pemerintah setempat dan berkunjung dari rumah ke rumah diseluruh wilayah didaratan Pulau Tidore maupun didaratan Halmahera (Oba) sehingga dapat mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga