KNPI Malut Apresiasi Pelantikan Lima Carteker

[ Ketua KNPI Maluku Utara Surahman ]

TERNATE - Pelantikan lima carteker Bupati/Walikota oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi tertuang dalam surat keputusan Mendagri nomor 131.82-2998,131.82-999,13. 82-3000,131.82-3001 dan 131,82-3009 tahun 2020 tentang penunjukan pejabat sementara bupati/walikota di 5 daerah di Propinsi Maluku Utara.

Kelima pejabat yang dilantik Gubernur diantaranya Ansar Daily Pjs Walikota Tidore Kepulauan, Idham Umasugi Pjs Bupati Kepulauan Sula, Rizal Ismail Pjs Bupati Balmahera Barat, Maddaremeng Pjs Bupati Pulau Taliabu dan Muhammad Irwanto Pjs Bupati Halmahera Utara, Sabtu (27/9/2020).

Menyikapi prosesi ini, Ketua KNPI Maluku Utara Surahman, mengungkapkan apa yang dilakukan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba telah melalui kajian dan mekanisme sehingga terbitlah SK Menteri Dalam Negeri.

" Pada kondisi saat ini pekerjaan pejabat yang baru dilantik tidak mudah oleh karena harus mengawal proses demokrasi di daerahnya masing-masing yang telah memasuki tahapan Pilkada, maka netralitas Pjs sangat diharapkan dalam memimpin kurang lebih 71 hari ke depan untuk suksesnya pemerintahan," tuturnya.

Surahman menegaskan pejabat Bupati/Walikota harus mampu mengkondisikan pemerintahan yang efektif dan kondusif," Kami mengharapkan pjs untuk dapat langsung membangun komunikasi dengan bupati/walikota yang telah cuti atau sekda dan forkompimda dalam rangka tata kelola pemerintahan ke depan mengingat ada beberapa agenda penting lainnya salah satunya dalam hal proses pembahasan APBD," tukasnya.

Lanjut Surahman, dengan adanya batasan-batasan kewenangan selaku pejabat sementara yang jabatan tidak defenitif maka pentingnya koordinasi dan singkronisasi dalam mengambil kebijakan-kebijakan strategis kedepan.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga