Kelompok Tani Dapat Bantuan Mesin Penggiling Jagung dari Wali Kota Tidore

[ Penyerahan bantuan mesin penggiling jagung secara simbolis oleh Wali Kota Ali Ibrahim kepada kelompok tani ]

TIDORE - Untuk meningkatkan produksi pertanian di Kota Tidore Kepulauan, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim melakukan penyerahan bantuan mesin penggiling tepung jagung kepada 8 kelompok tani yang yang berlangsung di Kelurahan Afa-afa Kecamatan Tidore Utara.

Upaya peningkatan produksi pertanian tersebut merupakan salah satu bentuk dari visi - misi Pemerintahan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen, yaitu Kota Jasa Berbasis Agromarine. Dimana capaian pertanian di Kota Tidore Kepulauan sudah mencapai 97 persen, Sabtu (12/9/2020).

Wali Kota Ali Ibrahim dalam penyerahan bantuan mesin tersebut mengatakan bahwa memasuki tahun kelima kepemimpinannya bersama wakilnya, melalui program penyediaan sarana dan prasarana pertanian telah banyak mengadakan serta mengalokasikan sarana dan prasarana pertanian.

" Hal ini penting mengingat upaya mewujudkan visi-misi pemerintah daerah kota jasa berbasis agromarine, tentunya harus ditempuh melalui upaya peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian," tuturnya.

Selain itu, Ali Ibrahim juga berharap agar masyakat Kota Tidore Kepulauan juga perbanyak mengkonsumsi pangan lokal seperti jagung, dimana tepung jangung atau biasa sebut tela gule sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Kota Tidore.

Ali menambahkan, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, hingga dirinya berpesan agar bantuan tersebut bisa dijaga dengan baik.

" Barang ini harus dijaga, pelihara dan rawat dengan baik karena ini berasal dari uang rakyat, dan untuk rakyat, petani sejahterah Tidore makmur," pesan Ali.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan Imran Jasin, mengatakan bahwa pemberian bantuan ini sudah kesekian kalinya yang dilakukan oleh Wali Kota Ali Ibraham dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen kepada petani.

Kata Imran, petani di Kota Tidore Kepulauan terfasilitasi dengan bantuan mesin jenis Alsinta maupun sarana penunjang pertanian lainnya selama periode kepemimpinan Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen. Diantaranya, tracktor roda 4 sebanyak 10 unit, hand tracktor sebanyak 50 unit, kultivator sebanyak 50 unit, power thereser sebanyak 50 unit, RMU sebanyak 3 unit, combine harvester 1 unit.

Mesin alkon sebanyak 60 unit, kendaraan roda 3 sebanyak 24 unit, hand spayer sebanyak 120 buah, jalan usaha tani sepanjang 16,4 Km, jalan produksi sepanjang 12 Km, embung sebanyak 34 unit, irigasi tanah dangkal [sumur bor] sebanyak 13 unit, dam parit sebanyak 3 unit, long strorage sebanyak 3 unit.

" Ini adalah penyerahan bantuan peralatan pertanian yang sudah kesekian kalinya kepada kelompok tani, dan ini adalah bukti kepedulian Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen terhadap petani di Kota Tidore Kepulauan," tuturnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga