Rumah Bacarita : Sail Tidore Butuh Tindakan Bukan Dukungan

[ Foto bersama usai diskusi di Rumah Bacarita beberapa waktu lalu ]

TIDORE - Terkait adanya pernyataan dari Wakil Ketua I DPRD Kota Tidore Kepulauan Mochtar Djumati yang menyatakan bahwa DPRD mendukung dan mendorong suksesnya pelaksanaan Sail Tidore yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 nanti.

Hal itu kemudian di tanggapi oleh Komunitas Rumah Bacarita melalui Koordinatornya Patra Alam. Dia mengungkapkan kekecewaan yang mendalam terkait pernyataan tersebut. Pasalnya sampai hari ini belum ada tindakan serius dalam menyambut Sail Tidore di tahun 2021 dari Pemerintah dalam hal ini DPRD sendiri mengingat waktu pelaksanaan Sail semakin hari semakin berkurang dan tidak adanya tindakan nyata serta keseriusan dari Pemerintah, Senin (24/8/2020).

Beberapa waktu lalu Rumah Bacarita telah menggelar 3 kali diskusi terkait Sail Tidore 2021 dan ironisnya ada beberapa kejanggalan yang ditemukan antara lain belum adanya progres terkait persiapan dan tidak dilibatkannya pihak Kesultanan Tidore dalam hajatan besar itu. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan pihak Kesultanan yang diwakili oleh Bakri Dano (Cucu Sultan Zainal Abidin Syah) selaku pemantik dalam diskusi season 3 Sabtu 22 Agustus 2020 lalu.

Dalam pernyataan tersebut, DPRD juga mengungkapkan bahwa ada beberapa kegiatan yang dianggarkan seperti penataan kawasan di Tugulufa, edukasi masyarakat dan persiapan homestay melalui Dinas Pariwisata. Hal ini kemudian mengundang bantahan keras dari Rumah Bacarita yang menjadi wadah aspirasi masyarakat terkait Sail Tidore 2021 melalui diskusi 3 season beberapa waktu lalu.

" Bagaimana masyarakat mau dukung, pembahasannya saja terkesan tertutup dan tidak ada sosialisasi ke masyarakat, ini terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat Diskusi Season 3 kemarin, sebagian besar masyarakat yang hadir tidak tahu apa itu Sail Tidore dan untuk apa Sail Tidore dilaksanakan. Jadi yang dimaksudkan mengedukasi masyarakat ini masyarakat yang mana," tutur Patra.

Memang beberapa waktu lalu pihak pemerintah menolak untuk hadir dalam diskusi yang diselenggarakan Rumah Bacarita terkait perhelatan besar ini. Hal inilah yang menjadi salah satu kekecewaan Rumah Bacarita sebab otoritas terkait enggan terbuka mengenai persiapan Sail Tidore 2021.

" Harapan kami, semoga ada pertemuan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan otoritas setempat untuk mencari jalan keluar dari miss komunikasi terkait masalah ini demi kebaikan bersama tanpa ada pihak manapun yang merasa dirugikan," tutup Patra.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga