PBB Tikep, Sudah Tetapkan Pasangan Bakal Calon Pilwako

[ Penyerahan dokumen kepada Ketua PBB Masriyanto Abd Samad (tengah) ]

TIDORE - Perdebatan alot mewarnai rapat pleno penetapan Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan, di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Tidore Kepulauan di Kelurahan Tomagoba, Minggu (23/8/2020)

Pasalnya, sejumlah peserta pleno menghendaki agar dari tiga pasangan bakal calon yang mendaftar ke PBB diperkecil menjadi dua pasangan saja. Bahkan sempat ada wacana yang berkembang untuk mengusulkan pasangan tunggal ke DPW dan DPP.

" Kita hampir 6 jam untuk mengkaji dan membahas berkas kelengkapan, sebab agenda pleno, pada Sabtu (22/8/2020) kemarin hanya itu, pembahasan dan penetapan usulan Bakal Calon Paslon ke DPW dan akan dilanjutkan ke DPP," jelas Sekertaris BAPPILU DPC PBB Kota Tikep, Wahyudi Rasyid.

Menurutnya, PBB tidak ingin main-main dalam pengambilan keputusan penting untuk seluruh kepentingan masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Sebab Partai di masa -masa pemilu ini, merupakan interpretasi dari suara rakyat pada umumnya dan konstituen partai khususnya.

Maka wajar jika perdebatan di internal PBB menjadi alot dan panjang dalam membahas figur pemimpin yang akan disodorkan PBB kepada rakyat. Tentu mencakup visi misi, ide dan gagasan serta track record masing-masing pasangan bakal calon tersebut.

" Saya pikir di posisi ini, bukan soal seat dan non seat. Tapi soal posisi partai sebagai pranata politik yang menyalurkan ide dan gagasan rakyat. Jadi, seat dan non seat bukan lagi ukuran jika kita bicara soal kepentingan seluruh masyarakat Tidore." urai Rasyid.

Ia menambahkan, belum lagi hal teknis seperti sejumlah berkas dikembalikan kepada kandidat yang bersangkutan untuk diperbaiki. Sehingga rapat Pleno PBB molor hampir 2 jam dari waktu yang ditentukan pada pukul 16:00 WIT dan harus skorsing hingga beberapa kali karena hal teknis tersebut.

Terkait hasil rapat pleno, Sekertaris BAPPILU PBB Kota Tidore ini menjelaskan bahwa akhirnya forum rapat pleno bersama-sama menyepakati untuk mengusulkan ketiga pasangan Bakal Calon yang mendaftarkan ke BAPPILU DPC PBB Tidore Kepulauan.

" Intinya bahwa proses di BAPPILU Tidore sudah selesai dan diserahkan ke DPC, untuk dilaporkan ke DPW dan diteruskan ke DPP." tukasnya.

Sedang terkait figur yang dijagokan oleh DPC Tidore, Sekertaris BAPPILU DPC PBB Tidore ini dengan tegas menyampaikan bahwa PBB Tidore memberikan angka nomerik yang sama kepada semua kandidat. Tentu dengan catatan-catatan sebagai bahan pertimbangan yang ingin disampaikan ke DPW.

" Paslon Pilwako Tikep adalah putra terbaik dari Kota Tidore Kepulauan, memiliki track record masing-masing dan visi misi serta punya gagasan yang hebat untuk Kota Tidore kedepan. Jadi siapapun yang diputuskan oleh DPP adalah figur terbaik dari yang terbaik," pungkasnya.

Sementara, Ketua DPC PBB Kota Tidore Masriyanto Abd. Samad saat ditanyai terkait hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa, dengan hasil pleno yang sudah ditetapkan itu maka secara otomatis akan menjadi laporan internal Partai antara hirarki organisasi dibawah kepada hirarki organisasi diatasnya.

"Jadi tidak etis bilamana, laporan ini disampaikan ke publik sebelum DPP menetapkan keputusannya. Yang bisa kami sampaikan adalah hasil keputusan malam ini, tiga Pasangan bakal calon sudah ditetapkan sebagai usulan bakal calon yang akan mendapatkan dukungan PBB. Soal kepada siapa dukungan itu, kami akan tunduk pada keputusan partai." tuturnya.

Menutup pembicaraannya, Ketua DPC Kota Tidore Kepulauan mengajak kepada seluruh eleman lapisan PBB, baik itu organisasi underbaur PBB yang resmi sebagai organisasi sayap PBB maupun underbaur diluar partai sebagai lembaga taktis agar menunggu keputusan partai.

" Dengan ini, saya mengajak seluruh kaders, simpatisan dan elemen underbaur PBB agar menunggu hingga keputusan resmi keluar dari DPP." pungkasnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga