Bupati Halsel Bangun Kerjasama dengan Kemenkomaritim dan Investasi

Foto bersama Bupati Halmahera Selatan, Direktur Politeknik dan Deputi Sumberdaya

TERNATE - Dalam rangka pengembangan Sumberdaya Manusia Putra - Putri Maluku Utara khususnya di Halmahera Selatan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan menjajaki kerjasama dengan Kementerian yang dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan yakni Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Keseriusan ini dibuktikan dengan kehadiran Bupati Bahrain Kasuba yang didampingi Direktur Politeknik Halmahera Selatan Surahman Hadar bersama Deputi Sumberdaya Maritim Dr. Safri Burhanuddin di lantai 15 Kantor Kemenkomaritim dan investasi, Senin (10/8/2020).

Deputi Sumberdaya Maritim, Dr. Safri Burhanuddin dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi pada tanggal 7 Agustus 2020 telah melakukan Rakor bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang dipusatkan di Kota Ternate tujuannya adalah peningkatan SDM yang mampu bekerja dan memiliki skil/ketrampilan dalam bidang pertambangan khusus pada pendidikan vokasi SMA dan Politeknik Pertambangan.

" Respon cepat dan strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Halmahera Selatan melalui Bupati Bahrain Kasuba ini kami Kemenko Maritim dan Investasi memberikan apresiasi karena inilah yang diharapkan pemerintah pusat dengan terbangunnya sinergitas antar pemerintah di daerah dalam mendukung program Presiden Jokowi," ucapnya.

Kata dia, Halmahera Selatan tidak hanya memiliki potensi pertambangan, tapi pengembangan wisata dan perikanan yang telah ada agar terus digenjot," Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi bersedia membantu Pemda Halmahera Selatan," pungkasnya.

Senada juga disampaikan oleh Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba,  dalam kesempatan tersebut, Bahrain mengungkapkan dengan pendekatan resource sumberdaya alam/tambang yang dimiliki Halmahera Selatan dan ditopang dengan sudah tersedianya infrastruktur pendidikan seperti Politeknik Halmahera Selatan (Polihera) yang memiliki jurusan D3 Pertambangan serta biaya studinya gratis.

" Maka Pemda Halmahera Selatan telah sejak lama berperan aktif untuk membantu masyarakat khususnya pelajar baik yang berada di Obi, Bacan, Gane, Makian, Kayoa dan Kecamatan lainnya untuk melanjutkan studi sekaligus dapat menyerap tenaga kerja di sektor Pertambangan dan sektor lainnya untuk meningkatkan tara hidup masyarakat Halmahera Selatan," tuturnya.

Bupati Halmahera Selatan ini juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi yang telah merespon positif dan telah bersedia melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lokal baik Unkhair, UMMU , Politeknik Halmahera Selatan dan perguruan tinggi luar lainnya untuk Pengembangan Sumberdaya Manusia di Halmahera Selatan.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga