Tim Satgas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tidore Lawan Corona

Foto Bersama Tim Satgas Pramuka Peduli

TIDORE - Guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tidore Kepulauan membentuk Tim Satgas Pramuka Peduli untuk melakukan penyemprotan desinfektan, pembagian masker dan handsanitizer.

Personil dilepas secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tidore Kepulauan Muhammad Abubakar, didampingi oleh Kalaksa BPBD Kota Tidore Kepulauan Abdurrahim Achmad, sekaligus ditandai dengan penyerahan Alat semprot, Handsanitizer dan Masker ke Tim Satgas, bertempat di Halaman Kantor BPBD Kota Tidore, Senin (10/8/2020).

Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tidore Kepulauan Muhammad Abubakar dalam sambutanya mengapresasi aksi penyemprotan, pembagian masker dan handsanitizer oleh Satuan Tugas Pramuka Peduli yang sasaranya pada lingkungam sekolah di wilayah Kota Tidore kepulauan dalam rangka HUT Pramuka ke - 59 tahun 2020.

Pembentukan Satgas Pramuka Peduli tujuannya untuk membantu Pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona/covid19. Meningkatkan jiwa sosial dan menolong sesama hidup, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, seperti yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Serta meningkatkan rasa solidaritas dalam membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian.

" Pelaksanaan kegiatan aksi pramuka peduli juga merupakan bagian dari program kerja Kwarcab Tidore Kepulauan, maka pelayanan dan aksi peduli harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan bukan seremonial semata," pungkasnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengakui, ada resiko dari kegiatan tersebut, untuk itu ia berpesan kepada Tim Satgas yang turun ke lapangan agar tetap menjalankan protokol kesehatan serta petunjuk teknis saat melakukan kegiatan," Saya berharap selama melaksanakan tugas ini tetap mengutamakan protokol kesehatan," pintanya

Lebih lanjut, Dihadapan para Tim serta para pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Tidore Kepulauan yang sempat hadir pada upacara pelepasan itu, Muhammad Abubakar menyatakan sebagai Anggota Pramuka, rasa kepedulian terhadap sesama manusia sudah menjadi kewajiban," Maka Insyallah tugas yang kita laksanakan ini menjadi tugas yang suci dan mulia, Saya minta Kaka-kakak dan Adik-adik yang tergabung dalam personil Satgas ini untuk serius melaksanakan kegiatan ini, dan mudah-mudahan bisa selesai dengan kondisi sehat," tutupnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini dimulai pada 10-13 Agustus 2020. Dengan rincian pada 10 Agustus penyemprotan desinfektan, pembagian masker dan handsanitizer di wilayah Kecamatan Tidore dan Tidore Timur, pada 11 Agustus Wilayah Oba, dan 12 Agustus wilayah Tidore Selatan dan Tidore Utara. Sedangkan pada 13 Agustus dilakukan Ziarah ke makam pahlawan dan tokoh Pramuka di Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga