Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Tikep Rakor Dengan Panwascam

[ Suasana Rapat ]

TIDORE - Guna untuk meningkatkan pengawasan Pemilihan Wali Kota dan Wali Kota Tidore Kepulauan  di masa New Normal, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panwaslu Kecamatan se- Kota Tidore  di Aula Penginapan Bogenfil Tidore, Minggu (26/7/2020).

Ketua Bawaslu Kota Tidore Bahrudin Tosofu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan Rakor ini merupakan langkah pemantapan untuk memasuki tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep tahun 2020 di masa New Normal.

" Tahapan ini secara teknisnya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu dan jajarannya diwajibkan melakukan pengawasan untuk mengawal seluruh rangkaian tahapan yang dimulai dari tahapan Pencoklitan ini," tutur Bahrudin.

Lanjut Bahrudin, saat ini sudah masuk dalam tahapan pencocokan data pemilih dan menjadi kewajiban bagi Bawaslu dan jajarannya untuk mengawasi tahapan Pencoklitan yang rentan dengan potensi pelanggaran apalagi di tengah pandemi Covid-19.

" Bawaslu Tikep dan jajarannya, akan melakukan pengawasan Pencocokan dan Penilitian yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lapangan hingga tanggal 13 Agustus 2020 mendatang. Pasalnya, dalam pencoklitan ini diduga berpotensi munculnya berbagai pelanggaran seperti Data Pemilih ganda, Pemilih meninggal dunia, Pemilih belum berusia 17 tahun, Pemilih fiktif dan lain sebagainnya," kata Bahrudin.

Diakhir sambutannya, Bahrudin menegaskan, sebagai seorang pengawas harus mengedepankan integritasnya sebagai penyelenggara dan tidak dibenarkan seorang pengawas mencampuri urusan kerja teknis yang dilakukan KPU dan jajarannya.

"Sering-seringlah melakukan koordinasi sesama penyelenggara dengan mengedepankan pengawasan yang melekat di lapangan. Untuk Panwascam harus terus memberikan motivasi dan pemahaman pada Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam melakukan pengawasan," pinta Bahrudin.

Kegiatan rakor dengan Panwascam ini dilakukan selama 2 (dua) hari yakni tanggal 26-27 Juli 2020. Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu, Staf Ahli Wali Kota Dr. Marwan Polisiri, Anggota Bawaslu Tidore yang membidangi Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Iriyani Abd. Kadir, Anggota Bawaslu Tidore yang membidangi Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Amru Arfa, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Tidore Abd. Malik Salasa.

Sementara yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah 24 Anggota dan 8 orang Kepala Sekretariat Panwaslu di 8 Kecamatan se-Kota Tidore.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga