Sofifi Harus Jadi Perhatian Serius Pemprov Malut

[Foto bersama usai dialog]

TIDORE - Dalam rangka membangun kepedulian bersama terkait pembangunan di Sofifi. Front Perjuangan Rakyat (FPR) Sofifi menggelar dialog bertajuk “ Membangun Kesadaran Kaum Muda, dalam merespek Kemajuan Kota Sofifi”.

Kegiatan tersebut berpusat di aula Penginapan Yusmar Desa Balbar Kecamatan Oba Utara,dengan menghadirkan Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Maluku Utara Drs. Samsudin Abd. Kadir sebagai narasumber, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Ketua FPR  Sofifi, M. Lutfi Abdullah mengatakan bahwa kegiatan yang digelar pihaknya ini bertujuan agar dapat merangkul kekuatan kaum muda dalam melihat problematika di Sofifi.

Pasalnya, Sofifi yang merupakan pusat Ibu Kota Provinsi sudah seharusnya mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi melalui pembangunan Infrastruktur, beserta aktivitas pelayanan pemerintahan Yang maksimal. Sehingga dengan begitu pertumbuhan ekonomi di Kota Sofifi dapat berkembang dengan baik dan cepat.

Selain mendiskusikan arah Kota Sofifi kedepannya, Lutfi mengaku bahwa dalam dialog tersebut juga membahas terkait dengan kesiapan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sofifi yang harus menjadi perhatian bersama dengan memperhatikan semua aspek, terutama soal regulasi, Infrastruktur beserta kebijakan dari Pemerintah Pusat dalam hal Moratorium. Sehingga persoalan DOB Sofifi tidak lagi menjadi gorengan politik semata yang dimainkan oleh kelompok-kelompok tertentu saat memasuki momentum Politik.

“ Prinsipnya kami berkeinginan agar kedepan Pemerintah Provinsi sudah harus lebih banyak menjalankan kegiatan-kegiatan di Sofifi dan memprioritaskan pembangunan di Sofifi demi terwujudnya cita-cita bersama, untuk menjadikan Sofifi sebagai Kota” jelasnya.

Disisi lain, Lutfi mengatakan bahwa dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi juga akan mengelar kegiatan STQ yang berpusat di Sofifi, untuk itu menyikapi agenda Provinsi ini, FPR Kota Sofifi memberikan apresiasi dan mendukung penuh apa yang menjadi langkah dari Pemerintah Provinsi.

Senada disampaikan Sekprov Malut, Samsudin Abd Kadir, dia memberi apresiasi terhadap kegiatan yang digelar oleh FPR Sofifi. Bahkan diapun merasa sangat gembira ketika adanya pernyatan dari perwakilan Pemuda yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk mendukung pelaksanaan kegiatan STQ Yang harus berpusat di Sofifi.

“ Acara ini sangat bagus karena membicarakan terkait dengan peran Pemuda dalam mengawal pembangunan di Sofifi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekprov juga menyikapi terkait dengan pembahasan yang mengarah pada Pembentukan DOB Sofifi, dia mengatakan persoalan tersebut merupakan amanat undang-undang serta menjadi suatu kebutuhan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Untuk itu, persoalan ini harus menjadi perhatian bersama untuk dikaji dan ditindaklanjuti agar menjadi kepentingan bersama yang bernilai positif bagi seluruh elemen masyarakat di Maluku Utara.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga