APDESI Apresiasi Pemerintahan AMAN

Muchlis Malagapi

TIDORE – Asosiasi Pemerintah Desa Kota Tidore Kepulauan memberikan apresiasi positif terhadap pemerintahan Ali Ibrahim Dan Muhammad Sinen yang kerap dijargonkan AMAN itu dalam menaruh perhatian terhadap Pemerintah Desa, Rabu (22/7/2020).

Hal ini disampaikan Ketua APDESI Kota Tidore Muchlis Malagapi saat diconfirmasi media ini, dia mengatakan semenjak tahun 2015, kemudian diberlakukan Undang-Undang Nomor 6 Tentang Desa, Pemerintah Kota Tikep dibawah kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sangat taat azas dalam melaksanakan perintah undang-undang tersebut.

Hal itu bisa dibuktikan melalui keberanian Pemerintah Daerah Kota Tikep yang mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 10 persen dan bersumber dari APBD Kota Tidore mulai dari tahun 2015 sampai 2019.

" Langkah Pemkot ini merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi oleh seluruh jajaran pemerintah desa beserta masyarakat yang tinggal di 49 Desa di Kota Tidore Kepulauan,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan adanya keseriusan Pemerintah Daerah Kota Tidore yang menaruh perhatian dan kepedulian besar terhadap Desa, kedepannya dia berharap sinergitas program antara pemerintah daerah dan pemerintah kota sudah harus dimaksimalkan.

Sehingga dalam penyusunan RPJMdes bisa berseuaian dengan RPJMD. pasalnya kesesuaian dua dokumen perencanaan ini juga merupakan amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, sehingga patut dilaksanakan.

" Jika sudah ada sinergitas antara program pemerintah desa dengan pemkot maka sudah tidak ada lagi tumpang tinding pelaksanaan program yang dilakukan oleh pemerintahn desa, sehingga dalam pelaksanaannya desa juga dapat mewujudkan apa yang menjadi visi misi pemerintah daerah Kota Tidore,” jelasnya.

Olehnya itu, pada tahun 2020 ini untuk merespon program gemilang yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore terkait dengan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) yang akan lounching pada ahir tahun nanti, harus mendapat dukungan penuh dari DPRD maupun Pemkot, sehingga dengan begitu setiap program unggulan yang dimiliki oleh Desa dapat dimaksimalkan dengan baik.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga