Siap – siap BLT Tahap II Cair

Iswan Salim

TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Kepulauan menargetkan dalam bulan Juli 2020 ini, untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap II sudah bisa disalurkan, setelah selesainya penyaluran BLT tahap I.

Pasalnya untuk saat ini, masih terdapat beberapa Desa yang belum melakukan pencairan terkait dengan BLT Tahap I, diantaranya Desa Maregam, Desa Tagalaya, Desa Wama, Desa Hager, Desa Akekolano dan Desa Bukit Durian. Sementara untuk Desa yang sudah menyalurkan BLT Tahap 1 sebanyak 43 Desa, dengan capaian sebesar 87,76 Persen, Senin (20/7/2020).

“Enam Desa yang belum melakukan penyaluran ini bukan berarti mereka tidak akan menyalurkan, melainkan mereka menganggarkan dana ini (BLT) pada APBDes perubahan, sehingga saat ini dana mereka soal BLT ini sudah masuk pada tahap pencairan,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa pada DPMD Kota Tidore Iswan Salim saat ditemui media ini di Kantor Walikota Kota Tidore.

Kendati demikian, Iswan mengaku bahwa dari enam Desa yang belum menyelesaikan BLT tahap I ini, telah melakukan pengurusan untuk dilakukan pencairan, sehingga kemungkinan Enam Desa tersebut sudah bisa melakukan penyaluran. sehingga dia menargetkan di bulan Juli ini, untuk penyaluran BLT tahap satu sudah akan selesai, sehingga Desa sudah bisa melakukan pencairan untuk melakukan penyaluran BLT Tahap II.

“BLT tahap II ini dimulai dari bulan April – Juni, dan warga penerima BLT per KK di Tahap Satu itu senilai Rp. 600 Ribu per bulan, sementara untuk Tahap Dua dimulai dari bulan Juli – September, dengan nilai Rp. 300 Ribu per bulan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Iswan menjelaskan bahwa untuk warga penerima BLT Dana Desa ditentukan oleh Pemerintah Desa yang diputuskan melalui Musyawarah khusus di tingkat Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “BLT ini diberikan kepada warga masyarakat yang belum menerima PKH, BPNT atau BLT dari Kemensos,” tandasnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga