Pilkada

Panwaslu Tidore Utara Ajak Masyarakat Dukung dan Awasi Tahapan Pencoklitan

Foto bersama Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Utara dan Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan merupakan instrumen penegakan kedaulatan rakyat. Karena itu pelaksanaan Pilwako Kota Tidore Kepulauan 2020 harus dikawal dan dijaga seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan elemen-elemen lain seperti aktor pemilu, sistem pemilihan, manajemen dan pelaksanaan serta penegakan hukum. Semuanya saling terkait, harus saling mendukung untuk mewujudkan Pilwako Kota Tidore Kepulauan yang bermartabat. Karena itu peran partisipatif dari seluruh elemen masyarakat sangatlah penting, Sabtu (11/7/2020).

Disadari bahwa Pilkada adalah momen seluruh warga Negara, maka diperlukan seluruh warga Negara untuk bersama mensukseskannya, perlunya partisipasi politik, merupakan sikap masyarakat dalam menentukan pilihan dan arah menuju perubahan yang lebih baik kedepannya. Salah satu indikator keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggara Pilkada yang demokratis adalah partisipatif masyarakat dalam mengikuti tahapan pilkada.

Selain itu fungsi pengawasan terhadap Pilkada perlu juga dilakukan oleh masyarakat untu terwujudnya pemilu yang bersih dan berkualitas. Peran dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memudahkan pengawas pemilu dalam menjalankan proses pengawasan Pilkada.

Menjelang tahapan pencoklitan pada tangal 15 juli sampai dengan tanggal 13 agustus 2020, Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Utara Iswan Dukomalamo, mengajak masyarakat Kota Tidore Kepulauan, khususnya masyarakat yang ada di Kecamatan Tidore Utara untuk berpartisipasi mendukung dan mengawasi tahapan pecoklitan," Hal ini dilakukan agar seluruh warga yang telah memenuhi syarat memastikan namanya tercatat di DPT (Daftar Pemilih Tetap)," kata Iswan

Iswan menambahkan, keterlibatan seluruh elemen masyarakat yang menjadi pengawas partisipatif diharapkan terlibat dalam melakukan pengawasan, paling tidak memastikan bahwa dirinya terdaftar di DPT serta melaporkan jika merasa dirinya memenuhi syarat namun tidak atau belum terdaftar dalam DPT.

" Mari bersama sukseskan tahapan coklit dengan cara mengawasi dan memberikan data sesuai ketentuan kepada petugas PPDP untuk melakukan penelitian dan pencocokan data. Bersama Rakyat Awasi Pilkada, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pilkada” ajak Iswan.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga