Pilkada

Panwaslu Kecamatan Tidore Gelar Bacarita Pengawasan Coklit Pilkada 2020

Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore saat mendampingi para narasumber

TIDORE - Panwaslu Kecamatan Tidore melakukan kegiatan penguatan kapasitas untuk persiapan pengawasan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih yang akan dilakukan serentak pada tanggal 15 Juli 2020 mendatang, Jumat (10/7/2020).

Dalam kegiatan Bacarita Pengawasan Coklit tersebut Panwaslu Kecamatan Tidore menghadirkan Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan sebagai pembicara. Kegiatan tersebut dibuat khusus untuk memberi pemahaman kepada Panwaslu Kelurahan yang akan melakukan pengawasan coklit di masing-masing Kelurahan khususnya wilayah Kecamatan Tidore.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Baharudin Tosofu berbicara mengenai integritas pengawas pemilu serta potensi pelanggaran yang akan menjadi tugas tersendiri bagi penyelenggara khususnya Panwaslu Kelurahan.

" Tetap bekerja dengan penuh tanggungjawab dan teliti dalam proses pengawasan serta menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19 ini," pinta Ketua Bawaslu Tidore.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan Abdullah Dahlan memaparkan materi terkait dengan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih. Dirinya menjelaskan bahwa tujuan Coklit adalah melakukan pencocokan elemen data, mengidentifikasi pemilih yang tidak memenuhi syarat, serta mendata pemilih baru.

" Syarat untuk bisa memberi suara pada Pilkada Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020 adalah memiliki e-KTP yang berdomisili di Kota Tidore Kepulauan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Supriyanto Ade mengatakan bahwa kegiatan bacarita pengawasan coklit ini adalah insiatif Panwascam Tidore, mengingat proses coklit yang tinggal menghitung hari.

" Maka perlu kiranya dilakukan penguatan kapasitas seperti ini guna menyamakan persepsi, agar dalam proses pengawasan coklit nanti bisa berjalan dengan baik karena sudah dalam satu pemahaman," tuturnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga