Honor dan Uang Mami Jadi Temuan Pansus Covid-19

Ridwan Moc. Yamin Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Adanya pembengkakan anggaran honor dan makan minum  di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Tidore yang tergabung dalam Tim Covid-19 menjadi temuan Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Ketua Pansus, Ridwan Moc. Yamin, sejumlah awak media menuturkan, pihaknya telah meminta kepada tiap-tiap OPD agar melakukan rasionalisasi anggaran, terutama pada honor dan anggaran makan minum.

“ Setelah itu maka kita lihat berapa anggaran yang terkuras di OPD untuk dipertimbangkan secara rasional terkait anggaran tersebut,” jelasnya.

Ridwan menjelaskan, untuk persoalan honor Tim Covid-19, pihaknya akan menelusuri pada poin mana honor itu direalisasikan.

“ Pada prinsipnya ASN yang diberikan honor itu demi menjalankan tugas, akan tetapi honor itu hanya terdapat dibeberapa orang saja,” ucapnya.

Menurutnya, pada rapat bersama OPD, terungkap pula adanya pemborosan anggaran Covid-19 pada penyerapan anggaran Rp 33 Miliar dari total anggaran sebesar Rp 71 Miliar.

“ Dari Rp 33 Miliar itu, ada laporan yang disampaikan ke kami, masih banyak terjadi kesalahan. Untuk itu, perlu dibenahi dan dilengkapi termasuk efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran yang salah satunya pembayaran honor dan uang makan minum,” ungkapnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga