Banjir

Demo Pemkot Tidore, Warga Desa Kosa Minta Normalisasi Sungai Kayu Laka

Suasana aksi unjuk rasa warga Desa Kosa

TIDORE - Masyarakat Desa Kosa Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, menggelar aksi demonstrasi. Aksi demo yang dilakukan Masyarakat Desa dengan cara memblokade jalan Kosa - Payahe dan membakaran ban bekas di tengah jalan, Selasa (7/7/2020).

Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kosa ini merupakan bagian dari protes kepada pemerintah daerah karena dinilai tidak memiliki keinginan melakukan normalisasi beberapa sungai di Kecamatan Oba, salah satunya sungai kayu laka di belakang Desa Kosa, akibatnya setiap hujan Desa Kosa menjadi langganan banjir.

Salah satu orator, Gufran Ayub dalam orasinya menyampaikan bahwa banjir yang terjadi di Desa Kosa ini bukanlah hal yang baru, ini sudah berulang-ulang kali namun tidak ada kepedulian dari pemerintah, olehnya itu dirinya tetap mengancam akan melakukan pemalangan jalan sampai tuntutan yang disampaikan terpenuhi.

“ Aksi yang di lakukan adalah bagian dari sebuah kegelisahan yang dari masyarakat tidak ada kepetingan adapun disini," ucapnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Tidore mestinya datang dan melihat kondisi Desa Kosa, bukan hanya sekadar datang dan kemudian mengumbar janji semata.

" Banjir yang terjadi ini pula mengakibatkan masyarakat yang ada di transmigrasi akhirnya gagal panen, di sebabkan karena banjir yang begitu deras dan merdam tanaman masyarakat," tuturnya.

Penulis: Anto
Editor: Redaksi

Baca Juga