Pemkot Tidore Tiadakan Shalat Idul Adha Berjamaah Dihalaman Kantor Walikota

Sahnawi Ahmad Kabag Kesra Setda Kota Tidore Kepulauan

TIDORE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan meniadakan sholat idul adha secara berjamaah yang biasa dilakukan dilapangan Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Senin (6/7/2020).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Bina Kesra Sekretariat Daerah Kota Tidore Kepulauan, Sahnawi Ahmad kepada sejumlah awak media diruang kerjanya.

Dikatakannya, untuk alokasi anggaran terkait dengan agenda Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) telah dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga yang tersedia hanya sebatas insentif Imam, Sara, Pendeta dan Jemaat beserta kegiatan Tasbak.

“Untuk pelaksanaan sholat ID kali ini dikembalikan di setiap masjid-masjid yang berada di Kelurahan dan Desa, sehingga dalam perayaannya sudah tidak seperti biasanya yang dilakukan dilapangan kantor walikota, lagi pula dalam musim pandemi ini juga dilarang untuk berkumpul, sehingga meskipun sholatnya dilakukan di masjid-masjid namun tetap dengan menggunakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Kendati demikian, Sahnawi mengaku untuk menyambut lebaran Idul Adha, pihaknya tetap menjalankan kegiatan berupa pendataan dan pengumpulan hewan qurban yang disumbangkan oleh pihak terkait guna dilakukan pembagian pada Kelurahan/Desa.

“Sumbangan hewan qurban itu dari sumbangsih masyarakat, pejabat, pengusaha dan pihak terkait lainnya yang mau berqurban, jadi sumbangan itu nantinya kita atur pembagiannya ke kelurahan/desa sehingga benar-benar merata,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sahnawi mengatakan untuk kepastian pelaksanaannya pemerintah daerah Kota Tidore masih menunggu surat resmi yang akan dikeluarkan melalui Kementrian Agama Republik Indonesia.

Penulis: Anto
Editor: Daffa

Baca Juga